Ruang Isolasi Sudah Siap, Stok APD 160 Buah

Ruang Isolasi Sudah Siap, Stok APD 160 Buah
Rumah Sakit Umum Daerah Jailolo (Foto : Malut Times)

POLRESHALBAR.COM – RSUD Jailolo nampaknya tidak lagi kekurangan sarana pendukung penanganan korona (covid-19), salah satunya alat pelindung diri (APD) untuk petugas medis di RSUD.

Sebab,  RS milik Pemkab Halbar itu kini telah menerima sebanyak 160 paket APD. Dirut RSUD Jailolo, dr. Saifullah Radjilun kepada Harian Halmahera menyebutkan dari total jumlah itu, 140 APD yang terdiri dari sepatu, baju, masker, kacamata hingga pelindung kepala, merupakan pengadaan dari RSUD Jailolo. Sedangkan dua pasang APD sisanya adalah bantuan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Malut.

“Untuk APD ini ada dua jenis, ada yang hanya sekali pakai dan ada juga yang bisa digunakan kembali namun tentunya harus disterilkan dulu tergantung tingkat klasifikasi tingkat penyakit yang diderita pasien seperti apa,” jelasnya.

Selain APD, RSUD Jailolo juga telah menyiapkan ruang isolasi bagi pasien Covid-19. Meski begitu, sampai saat ini belum ada pasien yang menjalani isolasi. “Untuk penangananya sudah ada tim dokter yang dibentuk minus dokter spesialis paru-paru yang belum ada,” sebutnya.

Disentil terkait lokasi kartanina bagi tenaga tenaga dokter menangani pasien seperti yang dilakukan Pemprov Malut dengan menyewa hotel Sahid, Ternate, Saifullah mengaku belum tersedia, sehingga para tenaga dokter masih menempati setiap rumah dinas yang disiapkan Pemkab.

Polreshalbar

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *